Loading..


Cek Link Kelulusan SPAN-PTKIN 2023

Daftar Isi Konten: [Tampil]
PENGUMUMAN KELULUSAN SPAN-PTKIN 2023

Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN)

Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) adalah seleksi nasional yang dilakukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk memilih calon mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). SPAN-PTKIN merupakan salah satu cara untuk memilih calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang baik, serta memiliki semangat dan komitmen untuk belajar dan berkontribusi dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia.


Seleksi SPAN-PTKIN dilakukan setiap tahun dan dibuka untuk siswa-siswa yang telah lulus SMA/MA atau sederajat. Prosedur seleksi dilakukan dengan tes tertulis yang meliputi tes kemampuan dasar, tes potensi akademik, serta tes kemampuan dan minat berbahasa Arab.


Para peserta SPAN-PTKIN akan bersaing dengan peserta dari seluruh Indonesia, karena SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional yang sangat kompetitif. Oleh karena itu, persiapan yang matang dan serius sangat diperlukan untuk bisa lolos dalam seleksi ini.


Manfaat dari SPAN-PTKIN adalah para calon mahasiswa yang lolos seleksi akan mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang terkenal dengan kualitas pendidikan dan kedisiplinan yang tinggi. Selain itu, para mahasiswa juga akan mendapatkan beasiswa yang cukup besar, sehingga bisa membantu mereka dalam mengatasi biaya pendidikan yang cukup tinggi di PTKIN.


Selain itu, melalui SPAN-PTKIN, Kementerian Agama Republik Indonesia juga berusaha untuk memperkuat dan memperluas pengaruh dan kontribusi PTKIN dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. Diharapkan dengan menghasilkan lulusan yang berkualitas, PTKIN akan mampu memberikan sumbangsih yang signifikan bagi kemajuan bangsa dan negara.


Dalam kesimpulannya, SPAN-PTKIN adalah seleksi nasional yang dilakukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk memilih calon mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Seleksi ini merupakan kesempatan bagi calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang baik dan semangat belajar yang tinggi. Oleh karena itu, persiapan yang matang dan serius sangat diperlukan agar dapat lolos dalam seleksi ini.


Berikut Link dan Cara Cek Kelulusan SPAN-PTKIN 2023

Ketua Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), bahwa hasil seleksi SPAN-PTKIN akan diumumkan secara serentak pada hari Senin, tanggal 3 April 2023 pukul 10.00 WIB.


SPAN-PTKIN tahun ini diikuti oleh 176.413 siswa. Hasil pengumuman kelulusan bisa dilihat di laman berikut: https://pengumuman-span.ptkin.ac.id/ dengan memasukan nomor NISN siswa. Selanjutnya, proses pendaftaran ulang para peserta yang lulus seleksi, akan ditetapkan oleh masing-masing PTKIN.


“Kami sampaikan selamat kepada yang lulus, dan segeralah melakukan registrasi ke kampus masing-masing, dengan memanfaatkan skema beasiswa secara kompetitif yang diatur oleh masing-masing kampus PTKIN. Beasiswa itu diantaranya Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) yg bekerjasama dg LPDP, Beasiswa Baznas dan lainnya”.


SPAN PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN, IAIN dan STAIN dalam satu sistem yang terpadu. Seleksi tersebut diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Jalur SPAN PTKIN ini dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.


Selanjutnya Imam Taufiq yang juga Rektor UIN Walisongo Semarang menyampaikan bahwa setelah SPAN-PTKIN, Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN akan menggelar seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).


“Bagi peserta yang belum dinyatakan lolos SPAN-PTKIN, kesempatan itu masih ada di jalur UM-PTKIN akan dibuka pendaftarannya pada tanggal 10 April sampai 15 Mei 2023”.


Perbedaan mendasar dari seleksi ini sebagaimana dituturkan Imam Taufiq adalah jika pola SPAN tanpa ujian tulis, maka dalam UM-PTKIN akan dilakukan ujian berbasis komputer yang dilaksanakan di masing-masing PTKIN. Link pendaftaran UM-PTKIN adalah sebagai berikut: https://um.ptkin.ac.id/.



Tutorial Cara memutar video yang sulit ke putar Klik Disini

 Langkah Pertama Silahkna Buka Dulu Google Chrome Kalian, Kemudian Klik tanda titik tiga kanan atas seperti digambar


Setelah itu pilih menu pengaturan/setelan


kemudian pilih privacy dan kemanan lihat gambar

seteleh memilih privasi dan keamanan kemudian pilih DNS Aman


Dan terakhir cek list Pilih Penyedia Lain seperti gambar dan gunakan DNS Cloudflare (1.1.1.1 )


SELESAI ! silahkan Keluar Dari Google Chrome Dulu, Dan Buka Kembali.

Gunakan DNS ini dengan bijak Ya.


Terimakasih telah berkunjung, mohon doa'nya agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan website ini terus berkembang serta berguna bagi semuanya. Memberikan manfaat baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan info langsung mengenai postingan dari website ini silakan Ikuti Media Sosial Kami:

Google News
Youtube
Blogger
Protected by Copyscape

Rekomendasi menarik Untuk dibaca artikel dibawah ini Happy reading Jika ada pertanyaan Silahkan tinggalkan komentar Pada kolom komentar dibawah

Post a Comment

Previous Post Next Post

News

.
.